Kenaikan Gaji Guru

Berlombalah Jadi Guru Berkualitas…

JAKARTA, KOMPAS.com — Selama ini posisi guru banyak diisi oleh orang-orang yang kurang berkompetensi sebagai pendidik. Dengan kenaikan gaji guru, hal tersebut diharapkan memicu orang-orang berprestasi untuk berlomba-lomba menjadi guru sehingga kualitas pendidikan juga bisa meningkat.

“Jika gaji naik, diharapkan para guru semakin fokus untuk mengajar dan mendidik anak-anak didiknya. “

— Satria Dharma–

Demikian menurut perwakilan Ikatan Guru Indonesia (IG), Satria Dharma, di Jakarta, Kamis (19/8/2010), terkait keputusan pemerintah menaikkan tunjangan profesi guru pada 2011. Dengan kenaikan gaji bagi PNS sebesar 10 persen, guru berpangkat terendah dengan gaji Rp 2.496.100 memperoleh tambahan penghasilan menjadi Rp 2.654.000 per bulan.

“Wah, sangat bagus sekali. Ini merupakan rezeki bagi guru karena inilah yang diharapkan,“ ungkap Satria.

Satria mengungkapkan, jika menengok ke belakang, maka kualitas pendidikan di Indonesia masih buruk. Dia berharap, jika gaji naik, maka para guru semakin fokus untuk mengajar dan mendidik anak-anak didiknya.

Koordinator Forum Guru Independen Indonesia (FGII), Suparman, mengatakan, guru merupakan salah satu profesi yang harus diberi fasilitas terbaik, mengingat tugasnya menanam investasi untuk bangsa. Namun, hasilnya tidak bisa dilihat sekarang, tetapi di masa depan.

“Saya setuju sekali gaji guru dinaikkan karena kerja mereka yang membuat kita menjadi orang sukses,“ kata Suparman.

Hanya, kata dia, kemampuan sebagai seorang guru harus terus ditingkatkan, baik dari segi keilmuan maupun wawasan terus yang di-upgrade. Guru tidak bisa dibiarkan kerja sendiri, perlu dukungan dari berbagai pihak.

“Kita apresiasi kerja pemerintah. Tetapi jangan langsung berpikir, jika gaji guru naik, maka secara otomatis kualitas gurunya juga naik. Itu semua butuh proses,“ ujar Suparman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: